Selamat Datang

" Selamat Datang di Blog Serbaterbaru "

Wednesday, June 27, 2012

China-Brazil Sepakat Promosikan Uang Lokal



"Ini demi kurangi ketergantungan atas mata uang dolar AS."



China kian gencar mempromosikan penggunaan mata uang yuan ke banyak negara dengan mengadakan perjanjian currency swap. Salah satu mitra terkini adalah Brazil.  
Menurut stasiun berita BBC, China dan Brazil bersepakat mengadakan currency swap dalam mengantisipasi munculnya lagi krisis keuangan global sekaligus memperkuat perdagangan bilateral. Dengan kesepakatan ini, bank sentral dari kedua negara saling bertukar mata uang masing-masing sebagai alat transaksi. 


Jumlah yang disepakati saat ini sebesar 60 miliar real atau 190 miliar yuan. Nilai kesepakatan itu setara dengan US$30 miliar (Rp282,4 triliun). Jumlah uang sebesar itu dapat digunakan Brazil dan China untuk saling mendongrak cadangan devisa bila menghadapi krisis, dan bisa juga merangsang peningkatan perdagangan bilateral. 
Baca Selengkapnya>>



Bagi Brazil, China merupakan mitra dagang terbesar. "Kami akan punya cukup kredit untuk bertransaksi saat kredit internasional masih langka," ujar Menteri Keuangan Brazil, Guido Mantega. 



Sebelum dengan Negeri Samba itu, China pada Maret lalu juga menjalin kerjasama serupa dengan Australia senilai US$31 miliar. Negeri Tiongkok itu juga mengadakan currency swap dengan Hong Kong dan Jepang. 



Menurut kalangan pengamat, Beijing mulai gencar mempromosikan perdagangan dengan negara-negara mitra menggunakan mata uang yuan, ketimbang dengan dolar AS.

"Motivasinya adalah mengurangi ketergantungan atas dolar AS," kata Sean Callow, pengamat dari Westpac. "Para perusahaan dari kedua negara akan bertransaksi dengan mata uang lokal masing-masing," lanjut Callow. (umi).
sumber : Vivanews.com

Thank You !!

"Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini"

Semoga informasi yang tersedia disini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.. :)

Google+ Followers

Google+ Badge