Selamat Datang

" Selamat Datang di Blog Serbaterbaru "

Thursday, June 28, 2012

Definisi dan Pengertian Sejarah



 
 
Sejarah merupakan peristiwa masa lalu yang menjadi dasar masa kini serta menjadi landasan berpijak untuk membangun masa depan. Seperti halnya kita tidak akan mengenal siapa diri kita tanpa mengetahui asal usul keluarga kita bukan? Bisa dibilang kisah sejarah adalah merupakan hasil rekosntruksi dari berbagai peninggalan peristiwa berupa data yang kemudian diseleksi menjadi fakta dan dirangkai menjadi sebuah kisah sejarah. Salah satu Sejarawan Indonesia adalah (Alm) Prof. Dr. Sartono Kartodirjo. Beliau adalah seorang Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
 
Sartono Kartodirjo membagi pengertian sejarah berdasarkan peristiwa dan kisah menjadi dua. yaitu: Sejarah dalam arti objektif yang merupakan kejadian atau peristiwa sejarah yang tidak dapat terulang lagi dan Sejarah dalam arti subjektif dimana sejarah adalah suatu kontruksi (bangunan) yang disusun oleh penulis sebagai suatu uraian cerita (kisah). Kisah tersebut merupakan suatu kesatuan dari rangkaian fakta-fakta yang saling berkaitan.Baca Selengkapnya>>
 
Sartono Kartodirjo juga menegaskan bahwa tidak semua peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau bisa digolongkan sebagai peristiwa sejarah. Syarat sebuah peristiwa bisa dikategorikan sebagai sejarah adalah bila peristiwa tersebut tergolong sebagai peristiwa yang unik dan peristiwa tersebut mempunyai pengaruh yang sangta besar.  Peristiwa sejarah hanya terjadi sekali dan tidak akan ada peristiwa sejarah yang akan terulang. Sehingga bisa dibilang bahwa peristiwa tersebut haruslah peristiwa yang unik dan tidak terulang untuk bisa dikategorikan sebagai sejarah. 
 
Selain unik, sebuah peristiwa  yang bisa dikategorikan sebagai sejarah haruslah mempunyai pengaruh yang besar pada masanya dan masa-masa berikutnya. Sebagai contoh adalah peristiwa sumpah pemuda dan peristiwa proklamasi. Kedua peristiwa tersebut berpengaruh besar terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Sumpah Pemuda sebagai titil tolak persatuan dan kesatuan bangsa yang sampai saat ini masih berlaku di masyarakat Indonesia. Sedangkan Proklamasi merupakan bukti bahwa bangsa kita telah merdeka hingga saat ini. 

http://carapedia.com/pengertian_definisi_sejarah_menurut_sartono_kartodirdjo_info963.html

Thank You !!

"Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini"

Semoga informasi yang tersedia disini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.. :)

Google+ Followers

Google+ Badge