Selamat Datang

" Selamat Datang di Blog Serbaterbaru "

Saturday, July 21, 2012

70 Persen Perangkat Android Wajib Setor ke Microsoft


Perkembangan sistem operasi besutan Google, Android yang pesat ternyata turut menambah tebal dompet Microsoft - yang notabene merupakan pesaing dari Google.

Hari Senin (9/7/2012) lalu, raksasa software itu mengumumkan bahwa dua produsen Android telah menandatangani perjanjian lisensi paten untuk perangkat berbasis Android dan Chrome.

Dengan "bergabungnya" dua produsen tersebut, Microsoft kini mendapat pemasukan berupa royalti yang dibayar oleh lebih dari 70 persen perangkat Android yang beredar di Amerika Serikat.
See More>>

Kedua perusahaan itu adalah Aluratek dan Coby electronics yang dikenal sebagai produsen perangkat gadget dan consumer electronics. Mereka disinyalir menandatangani perjanjian untuk membayar royalti ke Microsoft karena tidak mau dituntut ke pengadilan. Sebanyak 1.100 perjanjian lisensi sudah ditandatangani dengan Microsoft.

Hal ini berkaitan dengan program lisensi paten Microsoft yang pertama kali dijalankan pada 2003. Melalui program ini, Microsoft dapat menarik bayaran dari pihak-pihak yang memakai teknologi yang telah dipatenkan oleh perusahaan tersebut.

Pihak Microsoft sendiri mengklaim bahwa sistem operasi Android can Chrome OS menggunakan sejumlah patennya yang belum diumumkan ke publik. Karena itu, siapapun yang memakai sistem operasi yang bersangkutan dalam produknya menghadapi risiko hukum dan harus meneken perjanjian lisensi paten dengan Microsoft untuk mengamankan diri.

Microsoft telah berhasil meyakinkan sejumlah produsen Android dan perangkat berbasis Linux bahwa lebih baik membayar royalti ke perusahaan itu ketimbang melawan secara hukum.

Para produsen Android yang sudah menandatangani perjanjian lisensi paten dengan Microsoft antara lain adalah Amazon, HTC, LG Electronics, Samsung, dan TomTom.

Thank You !!

"Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini"

Semoga informasi yang tersedia disini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.. :)

Google+ Followers

Google+ Badge